Jumat, 24 April 2020

SPECTRUM ANALYZER

Spectrum analyzer

Jump to navigationJump to search

A spectrum analyzer from 2005

A modern real time spectrum analyzer from 2019
Penganalisa spektrum mengukur besarnya sinyal input versus frekuensi dalam rentang frekuensi penuh instrumen. Penggunaan utama adalah untuk mengukur kekuatan spektrum sinyal yang dikenal dan tidak dikenal. Sinyal input yang paling umum diukur oleh analisa spektrum adalah listrik; Namun, komposisi spektral dari sinyal lain, seperti gelombang tekanan akustik dan gelombang cahaya optik, dapat dipertimbangkan melalui penggunaan transduser yang sesuai. Penganalisis spektrum untuk jenis sinyal lain juga ada, seperti penganalisa spektrum optik yang menggunakan teknik optik langsung seperti monokromator untuk melakukan pengukuran.

Dengan menganalisis spektrum sinyal listrik, frekuensi dominan, daya, distorsi, harmonisa, bandwidth, dan komponen spektral lain dari sinyal dapat diamati yang tidak mudah terdeteksi dalam bentuk gelombang domain waktu. Parameter ini berguna dalam karakterisasi perangkat elektronik, seperti pemancar nirkabel.

Tampilan penganalisis spektrum memiliki frekuensi pada sumbu horizontal dan amplitudo ditampilkan pada sumbu vertikal. Bagi pengamat biasa, penganalisa spektrum terlihat seperti osiloskop dan, pada kenyataannya, beberapa instrumen laboratorium dapat berfungsi baik sebagai osiloskop atau penganalisis spektrum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar